Sabtu, 28 Mei 2011

TATAR GALUH NEWS LAHIR MENJELANG HARI JADI 2011

Tatar Galuh sering digunakan sebagai sebutan atau kerinduan masyarakat Kabupaten Ciamis akan kebesaran Kerajaan Galuh masa lalu. Walau sekarang namanya berganti menjadi Kabupaten Ciamis Kabupaten Galuh tetap terpatri dalam benak warganya. 
Bahkan, ulang tahun Kabupaten Ciamis tanggal 12 Juni adalah momentum sejarah Tatar Galuh, karena para ahli sejarah sampai saat ini belum tahun pasti kapan bergantinya nama Galuh menjadi Ciamis dan apa sesungguhnya arti Ciamis itu sendiri.
Kalau menilik makna Ciamis dari basa sunda, maka Ciamis berasal dari Ci yang berarti cai (air) dan amis yang berarti manis. Namun, bila diartikan memakai bahasa Jawa atau bahasa Indonesia maka akan berarti Ci artinya air dan amis artinya anyir. Wallahu'alam !
Terlepas dari arti Ciamis itu sendiri, saat ini nama Kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Barat ini masih Kabupaten Ciamis dengan karakter daerahnya ada pegunungan di sebelah utara, pesawahan di tengah dan pantai di sebelah selatan.
Maka tidak berlebihan bila tatar Galuh atau Ciamis merupakan miniatur Indonesia yang tergambar dalam sebuah syair lagu wajib nasional yang berbunyi : "hutan, gunung, sawah lautan. simpanan kekayaan".
Blog ini sengaja dibuat, yang akan menyajikan data dan berita tatar Galuh. Harapan, blog ini akan menjadi panduan bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang tatar Galuh Ciamis juga sebagai pelipur kerinduan warga Ciamis perantauan akan kebesaran tatah leluhurnya.

"GALUH TONG DI GULAH GILUH, KOMO MUN DI GEUGEULEUH" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar